KBMI 2020

KBMI atau Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia merupakan salah satu kegiatan Program Kewirausahaan Merdeka Belajar 2020.

Saat ini kami membuka kesempatan kepada mahasiswa Unusa untuk mengajukan usulan kegiatan usaha/ bisnisnya untuk diajukan dalam memperoleh dana dari Belmawa.

Pemberian bantuan untuk pengembangan bisnis dari Direktorat Belmawa senilai Rp. 10.000.000,- sampai dengan Rp. 20.000.000,- untuk setiap kelompok bisnis yang lolos seleksi serta difasilitasi pendampingan usaha.

Pengusul kegiatan KBMI adalah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa aktif
  2. Jumlah kelompok terdiri atas 3–5 mahasiswa
  3. Mahasiswa pengusul dapat berasal dari satu atau beberapa program studi, namun masih dalam satu Perguruan Tinggi yang sama dengan keahlian yang saling mendukung.
  4. Mahasiswa pengusul hanya dapat mengajukan satu usulan melalui satu kelompok baik sebagai ketua maupun anggota.
  5. Memiliki bisnis yang telah berjalan minimal 6 bulan (nilai tambah untuk yang lebih dari 1 tahun) sebelum pendaftaran dengan track record wirausaha yang dapat dibuktikan (cv, foto usaha, testimoni, legalitas usaha). Diperbolehkan usulan usahan saat program mata kuliah kewirausahaan
  6. Memiliki pendamping bisnis baik dari perguruan tinggi maupun mentor bisnis menjadi nilai tambah pada proses seleksi.

PENDAFTARAN DIBUKA SAMPAI DENGAN TANGGAL 30 JUNI 2020

LINK DAFTAR KLIK DISINI

ISIAN USULAN PROGRAM

1. Pengusul dan Merk Usaha:

  • Nama/Merek (calon) Perusahaan Anda.
  • Sejak kapan bisnis mulai berjalan?
  • Personel Bisnis.
  • Dosen pembimbing.

2. Noble purpose

  • Hal Mulia.
  • Pemicu hal mulia.
  • Jenis bisnis.
  • Goal/target omset dan net profit.
  • Realitas omset dan net profit.

3. Informasi Produk

  • Produk/jasa.
  • Anda medapatkan ide produk/jasa anda dari mana?
  • Bagaimana produk/jasa anda bisa menyelesaikan masalah dan memenuhi keinginan calon pelanggan anda?
  • Kompetitor.
  • Keunggulan produk/jasa competitor.
  • Keunggulan produk/jasa anda dibanding kompetitor.
  • Bagaimana mendapatkan keuntungan dari bisnis anda?

Sasaran Pelanggan

  • Pelanggan Spesifik.
  • Target ideal jangkauan bisnis.
  • Dalam 4 bulan pertama bisnis Anda berjalan, daerah mana yang akan menjadi target pasar Anda?
  • Bagaimana calon pelanggan anda mencari produk/jasa seperti yang ingin anda tawarkan?
  • Apa yang membuat pelanggan anda kecewa/kesulitan/masalah terhadap produk/jasa seperti yang ingin anda tawarkan dan sudah tersedia di pasar?
  • Jika kekecewaan/kesulitan/masalah yang dialami calon pelanggan anda terhadap produk/jasa seperti yang ingin anda tawarkan dan sudah tersedia di pasar, anda bisa memastikan bahwa itu tidak akan terjadi jika membeli produk/jasa dari anda, apa yang masih diharapkan calon pelanggan anda?
  • Dari semua kekecewaan/kesulitan/masalah dan harapan calon pelanggan anda, produk/layanan anda bisa menyelesaikan kesulitan dan memenuhi harapan yang mana?

5. Hubungan dengan Pelanggan.

  • Strategi Pemasaran.
  • Bagaimana strategi anda agar calon pelanggan anda membeli produk/jasa anda?
  • Bagaimana caranya anda merespon pelanggan anda?
  • Strategi apa yang akan Anda lakukan untuk menjadikan pelanggan Anda loyal?
  • Dimana calon pelanggan dapat membeli produk/jasa Anda?

6. Sumber Daya

  • Keahlian masing-masing tim.
  • Tanggung jawab masing-masing tim Anda?
  • Indikator keberhasilan masing-masing tim.
  • Peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat produk/jasa anda?
  • Mitra.

7. Keuangan

  • Biaya apa saja yang Anda butuhkan dalam menyediakan, menjual, dan mengantarkan produk/jasa kepada pelanggan?
  • Laporan Keuangan 6 bulan sampai dengan 1 tahun.
  • Proyeksi Keuangan anda untuk 3 tahun kedepan.
  • Kebutuhan dana pengembangan (format terlampir)

Lampiran Pendukung

  • Bukti Usaha (Foto Produk/Jasa, Produksi, Alamat dan Lokasi Usaha (maps), Foto Gerai/Gudang/Pameran, Legalitas (jika ada), website (jika ada).
  • Biodata Ketua dan Anggota TIM (format terlampir)

KRITERIA PENILAIAN KLIK DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *