Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM) merupakan instrumen untuk menilai kinerja dosen dalam proses pembelajaran di akhir semester. Dengan mengisi EDOM berarti mahasiswa telah berpartisipasi untuk membantu meningkatkan mutu pembelajaran. EDOM bermanfaat bagi dosen untuk memperbaiki diri bila memang masih terdapat kekurangan serta mengembangkan potensi dan kelebihan yang dimilikinya. Bagi manajemen Universitas, fakultas, dan departemen (program studi), hasil EDOM dapat dijadikan acuan dalam menyusun program peningkatan mutu proses pembelajaran dan kinerja dosen. Dan yang terpenting bagi mahasiswa, dapat merasakan peningkatan mutu proses pembelajaran yang terus menerus.
Berikut Hasil Evaluasi Instrumen Kepuasan Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM) Tahun Akademik 2021/2022 di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.
Rekapitulasi Prosentase Jawaban Instrumen Kepuasan Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa
Pertanyaan | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang |
Sikap dan perilaku dosen sebagai teladan | 36,69% | 53,72% | 8,98% | 0,61% |
Penyampaian strategi pembelajaran di awal perkulliahan oleh dosen (Rencanan Pembelajarn Semester) | 34,16% | 55,71% | 9,50% | 0,62% |
Kesesuaian penyampaikan materi oleh dosen dengan kurikulum yang diberikan untuk memenuhi tuntutan pengetahuan, sikap dan keterampilan | 33,31% | 56,49% | 9,63% | 0,57% |
Kesesuaian pemberian materi evaluasi oleh dosen dengan materi perkuliahan | 33,04% | 56,60% | 9,81% | 0,55% |
Pemanfaatan fasilitas teknologi informasi oleh dosen | 32,13% | 56,68% | 10,51% | 0,69% |
Kemampuan dosen berkomunikasi efektif dengan mahasiswa | 33,50% | 56,06% | 9,82% | 0,61% |
Grafik Prosentase Jawaban Instrumen Kepuasan Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa